RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo (RSGM Ambarawa) kembali menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) pada Kamis (10/7/2025) di Aula Serbaguna Lantai 4.
FKP kali ini mengangkat tema "Penguatan Tata Kelola dan Kolaborasi Lintas Sektor dalam Perencanaan Strategis Pelayanan Rumah Sakit."
Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Dwi Saiful Noor Hidayat, SKM, MM dan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Semarang, Drs. Pujo Pramujito.
Direktur RSGM Ambarawa, dr. Hasti Wulandari, M.K.M menyampaikan beberapa capaian kinerja rumah sakit selama semester I tahun 2025. Dalam laporan disampaikan, kunjungan rawat jalan tertinggi tercatat pada bulan Januari 2025 dengan jumlah 13.240 pasien, sedangkan kunjungan terendah terjadi pada April 2025 sebanyak 11.103 pasien.
Untuk layanan rawat inap, kunjungan tertinggi juga terjadi di bulan Januari sebanyak 1.658 pasien, dan yang terendah pada bulan Juni dengan jumlah 1.402 pasien.
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) semester I menunjukkan angka 3,61 dengan kategori A (Sangat Baik). Capaian ini menjadi bukti kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanan rumah sakit yang terus meningkat.
Dalam upaya memberikan pelayanan yang lebih lengkap dan berkualitas, RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo kini menyediakan layanan endoskopi di Poliklinik Penyakit Dalam.
Selain itu, rumah sakit juga terus mendorong inovasi pelayanan seperti inovasi Melu Mas Kusumo (Melayani Lebih Unggul dengan Sistem Informasi Komunikasi Rumah Sakit Mobile), Senandung (Senam Sehat Ibu Mengandung), dan Tandu Kasih (program perawatan terpadu untuk bayi kecil berbasis ASI eksklusif).
Lebih jauh, rumah sakit telah menyusun rencana strategis jangka menengah lima tahun ke depan dengan fokus pada peningkatan sarana dan layanan.
Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh beberapa pimpinan klinik, rumah sakit dan puskesmas. Selain itu turut hadir BPJS Kesehatan, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tokoh masyarakat.
FKP ini diharapkan dapat menjadi titik temu antara pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan menjadi semakin lebih baik.